Sunday, December 22, 2019

Kamu FanGirl/FanBoy ? Jurusan Sastra Korea Cocok Banget Buat Kamu




Kamu FanGirl/FanBoy ? Jurusan Sastra Korea Cocok Banget Buat Kamu








Mana disini yang suka dengan Super Junior, EXO, BTS, CN Blue, SHINee, Red Valet, SNSD, NTC, Seventeen ? Fix pake banget berarti kamu udah sah jadi K-Popers.

Buat kamu yang tertarik banget sama dunia Kpop, Kdrama, dan budaya budaya Korea lainnya, kenapa saat kuliah kami engga coba ambil jurusan Sastra Korea nih ?

Gak cuman bakal belajar Bahasa hingga Kebudayaan Tradisional Korea, tapi kamu juga akan belajar tentang kehidupan sehari-hari nya masyarakat Korea loh guysss.

Mari kita bahas mulai dari apa yang di pelajari hingga prospek setelah lulus kuiah nya. Berikut ini penjelasan jurusan Sastra Korea seperti di kutip dari Rencanamu.id




1. Apa sih Jurusan Sastra Korea itu ? 

Jurusan Sastra Korea mengajak kamu untuk mempelajari Kebudayaan Korea. Untuk mempelajari budaya sebuah negara, subyek pertama yang harus kita kuasai adalah BAHASA, mulai dari cara bicara, dialek, mendengar, membaca, bahkan menulis.

Untuk bahasa, pembahasan kuiah akan meliputi Linguistik, Fonetik, dan Fonologi. Kamu juga akan mempelajari Kesastraan Korea, yang mengantar pada budaya modernnya saat ini.





2. Kenapa harus pilih Sastra Korea ?
Saat ini tren budaya Korea bisa kita lihat sendiri kan ? Hampir semua orang suka menanton Drama Kora, Musik Korea, Produk kecantikan Korea, hingga berisata ke Korea. 

Kamu tau gak ? ternyata Pemerintah Korea memang sudah mempersiapkan Hallyu ini sejak awal tahun 1990-an. PSY dan SNSD atau yang kita kenal dengan nama Girls Generation adalah contoh produk Hallyu yang paling sukses saat ini. Jika kamu punya ketertarikan terhadap budaya Korea, baik tradisional maupun pop, memilih jurusan ini akan cukup menyenangkan sekaligus menantang.





3. Mata Kuliah Jurusan Sastra Korea

Kamu bisa menemukan mata kuliah seperti Bacaan Bahasa Korea, Pengantar Sejarah Korea, Hanja, Tata Bahasa Korea, Percakapan Bahasa Korea, Menulis Bahasa Korea, Terjemahan Korea-Indonesia dan Terjemahan Indonesia-Korea.

Kamu juga bisa belajar wisata di Korea melalui mata kuliah Tourism Korea atau bahkan Komunikasi bisnis di Korea melalu mata kuliah Bahasan Korea Bisnis dan Korespondensi dalam Bahasa Korea.





4. Prospek kerja lulusan Sastra Korea

Dengan semakin poluplernya Kebudayaan Korea, peluang berkejrna bagi lulusan Juruisan Sastra Korea sangat terbuka lebar. Kamu bisa menemukan berbagai macam peluang untuk berkerja di berbagai bidang, mulai dari media hingga perusahaan multinasional asal Korea seperti Samsung misalnya.

Profesi yang di pilih pun beragam seperti Penerjemah, Penulis teknis, Jurnalis, hiingga Content Creator, Pemandu pelajaran, Penulis perjalanan, Public Relation, dan Novelis.





5. Kampus dengan Jurusan Sastra Korea

Kamu bisa menemukan Jurusan Sastra Korea di universitas negeri atau swasta. Universitas negeri yang membuka Jurusan Sastra Korea seperti : 
Universitas Arilangga
Universitas Andalan
Universitas Diponorogo
Universitas Halu Uleo
Universitas Mulawarman
Universitas Negeri Makasar
Universitas Negeri Gorontalo
Universitas Jendral Soedirman
Universitas Sebelas Maret


No comments:

Post a Comment

Kisah tentang Hachiko, Anjing yang Setia Menunggu Majikannya di Stasiun Shibuya

Ini adalah cerita tentang kesetiaan dan pengabdian yang mungkin tak dimiliki semua hewan peliharaan. Kamu mungkin tak akan pernah melihat k...